Home » » INFO : Aki Mobil Bisa Bertahan Berapa Lama ?

INFO : Aki Mobil Bisa Bertahan Berapa Lama ?

Otonomos.blogspot.com - apakah anda adalah termasuk yang bertanya tanya tentang seberapa awet usia aki kendaraan standar mobil serta bagaimana caa merawat aki mobil supaya dapat berusia panjang ? Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan mengenai panjang standar dan panjang maksimal penggunaan aki mobil serta beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk memperpanjang usia aki mobil.

usia standar aki mobil


Di pasaran pada umumnya kita mengenal ada dua jenis aki yaitu aki type kering dan aki type basah, walaupun sebenarnya masih banyak lagi jenis jenis aki yang bila ada waktu akan saya bahas di artikel terpisah. Dari kedua type aki ini sama sama dapat berusia panjang jika si empu nya kendaraan tahu bagaimana cara merawat aki mobil yang benar. Sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai seberapa lama aki mobil bisa bertahan, coba kalian perhatikan pada kartu garansi aki, biasanya pada kendaraan standar akan memberikan masa garansi aki selama 2 tahun atau ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 50.000 km ( ada juga yang sampai 100.000 km ), dari sini anda sudah bisa mengetahui sejauh mana aki mobil dapat bertahan yakni kurang lebih selama 2 tahun masa pakai atau ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh yang telah ditentukan, maka aki akan menunjukkan gejala gejala abnormalnya.

Jika anda tahu cara melakukan perawatan pada aki mobil serta menerapkannya, usia pakai aki bisa bertahan 1 tahun lebih lama yang berarti anda bisa menghemat biaya pembelian aki baru.


Tips memperpanjang usia aki

Adapun beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk memperpanjang usia pakai aki mobil diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Usahakan selalu menjaga seluruh komponen kelistrikan dalam keadaan standar, tidak melakukan modifikasi yang terlalu ekstrim misalnya menambahkan beberapa lampu tembak, memasang audio system dan lain sebagainya.
  • Ketika akan menyalakan mesin mobil, usahakan anda mematikan seluruh perangkat yang membutuhkan arus listrik seperti misalnya AC mobil, perangkat audio / radio tape, lampu lampu mobil dan lainnya, anda bisa menyalakan perangkat tersebut setelah mesin mobil dinyalakan.
  • Pastikan anda mematikan semua komponen kelistrikan mobil ketika akan meninggalkan kendaraan di lokasi parkiran atau di garasi mobil.
  • Bila ingin melakukan modifikasi ekstrim seperti menambahkan perangkat audio dan penggantian lampu lampu non standar, pastikan anda memasang perangkat converter agar aki mobil tidak terlalu terbebani.
  • Untuk aki type basah pastikan anda selalu rutin mengontrol ketinggian cairan elektrolit aki, jaga cairan aki di level max.
  • Periksa secara rutin tegangan serta arus alternator atau pembangkit listrik pada mobil, jika terjadi undercarger atau overcharger segera perbaiki alternator tersebut agar tidak merusak aki mobil.


Dari pengalaman saya, rata rata aki standar kendaraan merk GS astra mampu bertahan maksimal selama 3 tahun dan mulai menampakkan kerusakannya dengan ciri umum mobil susah untuk di starter dengan ditandai meredupnya lampu lampu instrumen di dasboard ketika mobil sedang di starter.

4 komentar:

  1. mas mau nanya aki mobil saya kok cepat sekali soak...usia 10 bulan,,,untuk mengetahui apakah aki itu masih bagus/rusak bagaimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah aki anda aki baru atau rekondisi. Kalo rekondisi biasanya umur emang pendek. Kalo aki baru tergantung beban aki mas.

      Apakah mobil modif full kelistrikan, kalo iya wajib pake inverter, kalo gak pasti kebutuhan listrik semisal soundsystem lampu2 tambahan dll akan membuat beban aki meningkat. Bisa bikin aki sering drop dan lama2 rusak.

      Bisa juga karena dinamo amper atau alternator overcharger alias arus pengisian terlalu tinggi, ini juga bisa bikin aki rusak .

      Atau bisa juga alternator gak kuat ngecas jadi aki kepake terus, sedang pengecasan kurang sehingga aki bisa jadi sering lobet.

      Untuk pengecekan wajib pake alat ukur sih gan. Dimulai dari alternatornya dan juga aki.

      Selama tidak ada tambahan2 perangkat yg butuh suplay listrik besar seharusnya aki bisa tahan 2 hingga 3 tahun untuk mobil jenis baru.

      Delete
  2. Aki mobil saya ganti januari 2019,sekrang ganti lagi tahun 2020 maret, itu apakah termasuk boros?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil keluaran terbaru trmasuk boros untuk penggunaan/pemakaian hanya 14 bulan ya. Karena normal nya sih sekitar 24 bulan hingga 36 bulan.

      Delete