Home » » Mengenal Apa Itu Blind Spot

Mengenal Apa Itu Blind Spot

Otonomos.blogspot.com - ternyata masih banyak para pengguna jalan yang belum mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan istilah blind spot, nah pada kesempatan kali ini ijinkan saya menjelaskan sedikit tentang arti dari blind spot pada sebuah kendaraan.

blind spot


Apa yang dimaksud dengan blind spot

Blind spot atau yang dikenal juga dengan istilah blank spot adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menjelaskan atau menyatakan titik buta si pengendara kendaraan entah itu pengendara roda dua maupun roda empat terhadap keadaan disekitarnya yang dikarenakan keterbatasan indera mata.

Oleh karenanya tiap kendaraan tentu di lengkapi dengan kaca spion untuk mengurangi blind spot ini agar kita mampu menjangkau lebih banyak area yang tidak bisa kita lihat. Walaupun sudah dilengkapi dengan kaca spion, masih terdapat beberapa area yang tidak bisa kita lihat karena keterbatasan dimensi dari kaca spion yang digunakan maupun adanya penghalang lain seperti misalnya truk yang di bagian belakang terhalang oleh bak muatan, area area inilah yang dinamakan area buta atau blind spot, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar ilustrasi diatas.

Faktor terjadinya blind spot ( titik buta )

Banyak alasan yang menyebabkan ada atau terjadinya blind spot pada kendaraan yang diantaranya adalah faktor regulasi dari pabrikan kendaraan terkait tentang penggunaan dimensi serta tingkat kecembungan dari cermin spion. Sehingga hal ini kemudian membuat tingkat besarnya blind spot dari tiap jenis mobil berbeda beda.

Semakin besar bentuk body kendaraan maka semakin besar pula area blind spotnya, misalnya saja mobil jenis SUV tentu memiliki area blind spot yang lebih besar jika dibandingkan dengan mobil jenis MPV, begitu juga untuk mobil jenis komersil seperti truk dan bus yang memiliki area blind spot paling besar.

Semakin besar area blind spot tentunya akan berpengaruh terhadap fokus si pengemudi, semakin besar area blind spot mobil maka si pengemudinya juga harus lebih berhati hati dalam berkendara, khususnya untuk kendaraan jenis truk trailer yang sering terjadi kecelakaan akibat besarnya area buta disekitarnya.

Nah itulah tadi sedikit penjelasan mengenai apa itu blind spot pada kendaraan mobil dan motor, semoga bermanfaat.


0 komentar:

Post a Comment