Home » » Atasi Tali Kipas Mobil Bunyi Mencicit

Atasi Tali Kipas Mobil Bunyi Mencicit

Tali kipas bunyi mencicit - timbulnya bunyi bunyi an pada bagian mobil memang sangat mengganggu apalagi bila bunyi tersebut terdengar keras sampai diruang kabin. Selain mengganggu fokus mengemudi, juga mengganggu pengguna jalan lainnya.

Tali kipas yang bunyi mencicit ini biasanya dikarenakan adanya gaya gesek yang besar antara pulley dan tali kipas nya.

Entah itu karena tali kipas terlalu kering / tidak kenyal, atau bisa juga karena terkena cairan tertentu seperti oli / minyak rem sehingga permukaan dinding tali kipas akan selip diantara pulley.

Untuk memastikan penyebabnya kita perlu melepas tali kipas tersebut guna mengecek secara visual, apakah terdapat retakan - retakan kecil yang menandakan bahwa tali kipas sudah waktunya diganti, atau tali kipas basah terkena oli.

Bila ternyata terdapat retakan halus, sebaiknya langsung saja diganti dengan yang baru. Namun bila tidak ada retakan halus, kalian bisa mencuci tali kipas tadi dengan menggunakan sabun cuci, selanjutnya merendamnya didalam air agar tali kipas menjadi lebih lentur dan kenyal sebelum dipasang.

Hal - hal yang perlu diperhatikan lainnya ialah permukaan pulley yang juga harus rata/halus. Tidak terdapat cacat berupa garis melingkar dan lain sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment