Home » » Fungsi Water Pump Mesin Mobil Dan Motor

Fungsi Water Pump Mesin Mobil Dan Motor

Otonomos.blogspot.com - Pada sebuah sistem pendinginan mesin modern kita mengenal istilah water pump atau pompa air pada sebuah mesin, baik itu mesin sepeda motor maupun mesin mobil. Komponen yang satu ini memang tidak dapat dianggap remeh sebab fungsinya yang sangat vital terhadap proses pendinginan suhu mesin.

pompa waterpump mobil

Bahkan meskipun komponen pendukung pada sistem pendinginan lain seperti thermostats dan radiator dalam keadaan baik, jika terdapat kerusakan pada water pump nya maka mesin bisa mengalami overheating atau panas berlebih, yang imbasnya adalah rusaknya kepala silinder mesin yang menjadi bengkok sehingga mesin tidak bisa dinyalakan.

Fungsi water pump atau pompa air pada mesin kendaraan

Fungsi dari water pump ini sesuai dengan namanya yakni pompa air, yang tentu saja fungsinya adalah untuk memompa air pendingin atau air coolant yang ada dialam ruang pendinginan mesin bisa bersirkulasi agar diperoleh pendinginan mesin yang sempurna. Setelah seluruh air pendingin yang ada di saluran pendinginan telah mencapai suhu tertentu, maka secara otomatis komponen thermostats akan terbuka sehingga dengan bantuan water pump pula, air bersuhu panas didalam ruang pendingin mesin akan disirkulasikan ke bagian kisi kisi radiator untuk didinginkan kembali, sedangkan air yang telah terlebih dulu didinginkan dari dalam kisi kisi radiator akan disirkulasikan masuk kedalam ruang pendingin mesin oleh water pump ini. Untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar dibawah ini.

sistem kerja pendingin mesin

Kerusakan waterpump

Karena selalu bersinggungan dengan air maka kondisi dari pompa air ini sangat rentan sekali terhadap kerusakan, terutama jika kita melakukan tindakan sembrono dengan mengisi cairan radiator dengan air yang tidak direkomendasikan seperti misalnya air sumur atau air keran yang mana didalamnya terdapat partikel / senyawa organik yang mampu membuat baling baling pompa air ini berkarat.

Selain itu terdapat faktor usia yang dapat menyebabkan kerusakan waterpump kendaraan seperti aus nya bearing waterpump yang efeknya menimbulkan suara berisik ketika mesin dinyalakan, atau adanya kebocoran pada seal waterpump sehingga membuat air pendingin merembes keluar dari seal yang bocor tadi.

Bagaimana apakah anda sudah memahami fungsi penting dari water pump pada mobil dan motor ini ? Semoga bermanfaat.

Menarik untuk dibaca : Inilah kelebihan rem ABS dibanding Non - ABS



0 komentar:

Post a Comment