Home » » Kelebihan Rem ABS dibanding Rem Non ABS

Kelebihan Rem ABS dibanding Rem Non ABS

Otonomos.blogspot.com - salah satu teknologi di dunia otomotif yang masih terus dilakukan pengembangan yang juga termasuk kedalam salah satu fitur keselamatan adalah teknologi pengereman Anti locking brake system atau yang disingkat dengan ABS. Fitur rem ABS ini dapat menghindarkan pengemudi dari kejadian ban mobil terkunci dan slip ketika melakukan pengereman mendadak atau hard bracking.

Jauh berbeda dengan sistem pengereman konvensional jaman dahulu ketika kendaraan sedang melaju kencang diatas permukaan jalan licin dan dilakukan pengereman mendadak, maka ban akan langsung berhenti terputar alias terkunci, namun mobil masih meluncur tak terkendali. Dengan adanya teknologi ABS ini hal yang demikian tidak lagi terjadi.

Sistem abs

Cara kerja rem ABS

Sebenarnya cara kerja dari sistem pengereman ABS ini sederhana mirip dengan jika kita melakukan pengereman tak langsung dengan cara memompa pedal rem ( mobil ) ataupun memainkan tuas rem ( motor ) berulang ulang, hanya saja untuk ABS semuanya sudah dikontrol secara elektronik oleh komputer kendaraan melalui sensor sensor yang terpasang di bagian roda roda kendaraan. Ciri yang bisa kalian rasakan ketika proses pengereman ABS ini bekerja, ketika anda mengerem secara mendadak maka pedal rem mobil akan terasa bergetar dan terdengar bunyi grukk.

Dengan demikian walaupun pedal rem mobil anda injak sekuat tenaga, roda atau ban tidak akan langsung terkunci, proses pengereman tetap terjadi namun roda masih dapat terputar sehingga ban tidak kehilangan traksi terhadap permukaan jalan sehingga kita dapat dengan baik mengontrol laju kendaraan.

Kelebihan rem ABS dibanding rem biasa

Nah adapun kelebihan dari rem ABS dibandingkan dengan sistem pengereman biasa diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mobil dapat melaju dengan stabil walaupun di rem secara mendadak di jalanan licin
  • Dapat menghindarkan mobil atau motor meluncur bebas diatas aspal basah ketika di rem
  • Meminimalisir mobil / motor terlibat kecelakaan di jalanan yang licin di musim hujan
  • Memperoleh fitur keselamatan tambahan berupa keamanan berkendara di jalanan basah

Cara mengaktifkan fitur ABS

Agar fitur ABS ini dapat bekerja, ketika anda sedang berkendara di jalanan yang licin dan harus berhenti karena suatu hal, entah itu menghindari benda / orang, maka yang harus kita lakukan adalah menginjak pedal rem dengan injakan yang kuat sampai terdengar bunyi grukk dan pedal rem terasa bergetar, tetap saja diinjak jangan dilepas karena saat itulah fitur ABS sedang bekerja.


Berbeda dengan teknologi SRS airbag yang bertujuan untuk "meminimalisir" tingkat cedera fatal atau bahkan kematian ketika pengendara mengalami kecelakaan, untuk teknologi ABS ini yang diunggulkan adalah untuk "mencegah" terjadinya kecelakaan dijalan raya.



0 komentar:

Post a Comment