Home » » Kenapa Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis ?

Kenapa Kampas Rem Mobil Matik Cepat Habis ?

Otonomos.blogspot.com - rem adalah salah satu komponen yang tak terpisahkan dari sebuah kendaraan baik itu kendaraan manual hingga kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil pasti dilengkapi dengan sistem rem yang berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan hingga kecepatan yang diinginkan, bahkan hingga kendaraan tersebut berhenti.

kampas rem matik cepat habis

Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai kenapa kampas rem mobil matik khusus nya kampas rem bagian roda depan lebih cepat aus bila dibandingkan dengan mobil manual.

Penyebab kampas rem mobil matik cepat habis

Beberapa orang yang kurang begitu teknik mungkin akan merasa penasaran dan kemudian bertanya tanya kenapa kampas mobil matik lebih cepat aus sehingga penggantian suku cadang pun menjadi lebih cepat. Jawabannya sebenarnya sederhana sekali, pada mobil bertransmisi matik ini peran dari pedal rem jauh lebih besar dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual, khususnya jika mobil tersebut digunakan di jalanan turunan. Jika kita memakai mobil bertransmisi manual tentunya akan sangat mudah melakukan penghematan kampas rem yakni dengan memanfaatkan ENGINE BRAKE ketika melewati jalanan turunan.

Hal ini jauh berbeda dengan bila kita memakai mobil type matik, kita tidak bisa melakukan engine brake dan mau tidak mau kita harus sering menginjak pedal rem, inilah penyebab kenapa kampas rem mobil matik lebih cepat habis. Semakin sering mobil matik digunakan untuk melewati jalanan menurun, maka semakin cepat habis kampas rem tersebut.

Apakah mobil matik tidak bisa engine brake

Beberapa orang menyebutkan bahwa mobil matik bisa dilakukan engine brake, namun efek dari engine brake tersebut sangatlah kecil sehingga tidak mampu untuk menahan laju mobil ketika sedang melewati jalanan menurun. Namun bagi saya pribadi saya anggap tidak ada, toh memang efek dari engine brake tidak dapat dirasakan ketika kita mengendarai mobil matik.

Cara menggunakan engine brake

Pada kendaraan bertransmisi manual cara menggunakan fitur engine brake ini sangat mudah, ketika mobil sedang melewati jalanan menurun, silahkan pergunakan gigi perseneling yang paling rendah dan lepaskan injakan pedal gas, pedal rem dan pedal kopling hingga terdengar suara mesin yang mengerang yang menandakan bahwa engine brake sedang berlangsung.

Nah sudah tahu bukan penyebab kenapa kampas rem mobil matik cepat habis ? Semoga informasi ini dapat bermanfaat.



0 komentar:

Post a Comment