Home » , » PENYEBAB AC MOBIL KURANG DINGIN

PENYEBAB AC MOBIL KURANG DINGIN

Otonomos.blogspot.com - mengendarai sebuah mobil tentu terasa sangat kurang nyaman jika mobil tersebut tidak dilengkapi dengan yang namanya AC, atau sudah terdapat AC namun udara yang keluar tidak terasa dingin sehingga bila kita berkendara di bawah terik matahari seakan akan mobil tersebut tidak dilengkapi dengan AC.

ac mobil tidak terasa dingin


Lalu apa sih yang membuat AC mobil tersebut terasa tidak begitu dingin ?

Banyak sekali penyebab kenapa AC mobil tidak lagi terasa dingin yang dapat dikelompokkan menjadi dua, yang pertama adalah akibat adanya kerusakan didalam sistem pendingin, dan yang kedua disebabkan karena si empu nya mobil kurang begitu merawat sistem AC mobil sehingga hawa yang keluar terasa kurang dingin. Untuk pembahasan lebih lanjut akan kami ulas lebih detail dibawah ini.

Penyebab AC mobil kurang dingin akibat kerusakan sistem AC

Agar AC mobil bekerja normal maka syarat utama yang harus terpenuhi ialah tidak adanya kerusakan di bagian sistem pendinginan seperti kompressor AC, kondensor AC, evaporator AC, katup ekspansi, drier, serta bagian lain seperti selang penghubung. Jika terdapat kerusakan di salah satu bagian ini, maka proses pendinginan udara menjadi terganggu, misalnya saja jika ada selang yang bocor halus, bisa membuat freon menjadi bocor dan berkurang sedikit demi sedikit yang akan membuat AC mobil menjadi kurang dingin.

Penyebab AC mobil kurang dingin akibat kurangnya perawatan pada sistem AC

Penyebab selanjutnya kenapa AC mobil kurang terasa dingin adalah diakibatkan kurangnya pengetahuan si pemilik mobil dalam melakukan perawatan AC. Seperti contohnya melakukan penggantian minyak kompressor AC, membersihkan saringan kabin atau cabin filter dan evaporator AC. Filter kabin mobil yang penuh dengan debu dan kotoran tentunya akan menghalangi udara dingin yang dihembuskan ke ruang kabin sehingga hawa dingin pun menjadi berkurang, termasuk juga dengan evaporator AC, jika kondisi evaporator penuh dengan debu dan daki, selain membuat hawa dingin yang dihasilkan tidak dapat dihempaskan oleh blower dengan sempurna, juga dapat menjadi sarang penyakit disana.


Agar kondisi AC mobil tetap dalam keadaan prima, sebaiknya kita sebagai pemilik mobil wajib melakukan perawatan berkala ( perawatan di bengkel ) serta perawatan lanjutan ( perawatan sendiri dirumah ), jika anda tidak tahu caranya merawat komponen pada sistem AC bisa bertanya ke ahlinya.


Penyebab AC mobil tidak dingin sama sekali

Untuk penyebab kenapa AC mobil tidak terasa dingin sama sekali alias yang keluar hanya angin biasa, beberapa penyebab umum diataranya adalah sebagai berikut.


  • Putusnya sekring AC mobil
  • Rusaknya resistor variable pengatur suhu ( tombol AC )
  • Freon AC mobil habis total akibat adanya kebocoran
  • Magnetic clutch pulli kompressor rusak sehingga kompressor tidak dapat On dan Off


AC memang salah satu fitur kenyamanan yang wajib ada pada sebuah mobil dan sangat berguna sekali ketika kita sedang melakukan perjalanan jauh di siang hari agar suhu didalam ruang kabin tetap terasa sejuk. Selain itu keberadaan AC mobil ini juga sangat ebrguna sekali ketika mobil sedang digunakan di cuaca hujan, sebab dengan adanya AC ini kaca mobil terhindar dari yang namanya embun yang mengganggu penglihatan mata.

0 komentar:

Post a Comment